Minggu, 12 Oktober 2014

Senyumlah

Hal yang kecil tapi dampaknya sangat besar yakni tersenyum kepada semua orang, baik teman, kerabat, saudara, teman kerja, kenalan, yang tua, muda, remaja, anak-anak, orang cantik, tidak ada perbedaan dalam memberikan kebaikan........ mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat memberikan kebaikan pada diri kita, keluarga dan sahabat kita.  karena dengan berbuat baik kita akan lebih mudah dalam berbuat sesuatu. mulailah dengan hal- kecil dan jangan meremehkan kebaikan sekecil apapun itu walai saudaraku, sebagaimana sabda Rasulullah SAW. "“Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Al Hafizh Ibnu Hajar menyatakan bahwa hadits ini shahih).
Lebih baik Cobalah renungkan bagaimana jika sampai Allah menolongmu? Apakah suatu urusan jadi sulit ketika Allah langsung yang menolong? Jawabnya tentu saja tidak. Hadits itu maksudnya, jika engkau menolong saudaramu, maka Allah juga akan menolongmu. Suatu urusan yang sulit akan jadi mudah tanpa ragu lagi. Jadi yakinlah bahwa jika engkau menolong saudaramu, maka Allah pasti akan menolongmu pula dalam urusanmu. Karenanya, perbanyaklah kebaikan dan bantulah terus orang lain.
Jangan remehkan satu kebaikan sedikit pun walau itu sepele. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan,
يَا نِسَاءَ الْمُسْلِمَاتِ لاَ تَحْقِرَنَّ جَارَةٌ لِجَارَتِهَا ، وَلَوْ فِرْسِنَ شَاةٍ
Wahai para wanita muslimah! Janganlah salah seorang di antara kalian meremehkan pemberian tetangganya walau pemberiannya hanyalah kaki kambing.” (HR. Bukhari no. 2566 dan Muslim no. 1030, dari Abu Hurairah). Walau itu sesuatu yang sedikit jangan dianggap remeh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar